.quickedit{ display:none; }

Kamis, 06 Februari 2014

Pengaruh Sinar Matahari (IPA Kelas 2 Semester 2)

RINGKASAN MATERI

Ø Kedudukan Matahari
Pada waktu pagi hingga sore hari kedudukan matahari berubah-ubah. Matahari terbit di sebelah timur, matahari terbenam di sebelah barat. Pada pagi harimatahari berada di timur, bayang-bayang berada di sebelah barat benda. Pada siang hari, matahari berada di atas kita, bayang-bayang berada di bawah benda. Pada sore hari, matahari berada di barat, bayang-bayang berada di sebelah timur benda.
Ø Panas dan Cahaya Matahari
a.     Kegunaan Panas dan Cahaya Matahari
Setiap hari kita memperoleh panas dan cahaya matahari. Sinar matahari di pagi hari menguatkan tulang dan badan. Matahari adalah sumber cahaya dan  panas terbesar di bumi.  Jemuran akan cepat kering jika dijemur di tempat yang langsung terkena cahaya matahari. Petani menjemur padinya supaya kering, padi kering tidak mudah busuk. Petani garam memanfaatkan cahaya matahari untuk membuat garam.

b.    Pengaruh Panas dan Cahaya Matahari
Ø Sinar matahari dapat menyilaukan mata. Sinar matahari membuat suasana pagi menjadi hangat, ketika siang hari udara menjadi sangat panas.
Ø  Cahaya matahari berlebih tidak baik bagi tubuh kita, dapat menyebabkan kulit terbakar, kanker kulit, dan kebutaan.
Ø Gunakanlah jaket atau payung agar terhindar dari sengatan sinar matahari, jaket dan payung dapat melindungi tubuh dari sinar matahari yang panas.

Ø Cahaya matahari juga dapat menyilaukan mata. Cahaya yang menyilaukan dapat merusak mata. Kita bisa menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di blog RUMAH BACA, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!!