.quickedit{ display:none; }

Minggu, 23 Februari 2014

Dakwah Muhammadiyah

Dalam persyarikata Muhammadiyah, dikenal tiga macam gerakan dakwah, yaitu :
1. Dakwah bil qolam. 
Dakwah bil Qolam Muhammadiyah ialah dakwah yang dilakukan dengan tulisan atau media massa. Muhammadiyah dalam melaksanakan dakwah bil Qalam ini dengan membuat buletin, buku-buku dan majalah. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang pesat, dakwah bil qalam Muhammadiyah tidak hanya sebatas membuat buletin, Buku-Buku dan majalah saja, tetapi juga memanfaatkan teknologi Informasi dengan membuat Perkumpulan di sosial media, Web, dan masih banyak lagi. atau yang kita kenal dengan dakwah di dunia maya.

2. Dakwah bil Lisan
Dakwah bil lisan Muhammadiyah ialah dakwah yang dilakukan dengan ucapan/ceramah. Dakwah bil Lisan ini ialah dengan memberikan ceramah atau nasehat kepada masyarakat sekitar. Selain itu, Muhamadiyah juga mencoba mengirimkan Mubaligh-Mubaligh Muhammadiyah ke berbagai pelosok daerah di Nusantara yang dianggap masih membutuhkan bimbingan keagamaan keagamaan. Diharapkan para mubaligh ini mampu memberikan tauladan serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyakat. 

3. Dakwah bil Hal
Dakwah bil Hal Muhammadiyah ialah dakwah yang dilakukan Muhammadiyah dalam wujud nyata. Dakwah ini dilakukan dengan mendirikan berbagai Amal Usaha diberbagai bidang yang nantinya dapat menunjang kelancaran dakwah Muhammadiyah dimasyarakat, serta bermafaat bagi masyarakat luas. Amal Usaha Yang didirikan Muhammadiyah anatar lain : Sekolah/Madrasah, Pondok Pesantren, Rumah Sakit, Panti Asuhan dan masih banyak lagi.

Dari ketiga dakwah ini, Muhammadiyah mampu meraih cita-cita dakwahnya yakni "Menegakkkan dan menjunjung tinggi Ajaran Islam, sehingga tercipta Masyarakat Islam yang sebenar-benarnya".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di blog RUMAH BACA, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!!