.quickedit{ display:none; }

Senin, 19 Mei 2014

IDEOLOGI GERAKAN MUHAMMADIYAH




Sebagai gerakan sosial keagamaan Muhammadiyah memiliki sistem keyakinan dan pemikiran yang menjelaskan cita-cita dan tujuan yang hendak diwujudkan. Sistem keyakinan tersebut disebut ideologi. Ideologi mengandung beberapa unsur pokok, antara lain : pandangan yang menyeluruh tentang manusia, dunia dan alam semesta, rencana penataan sosial-politik berdasarkan pandangan tersebut, kesadaran dalam bentuk perjuangan melakukan perubahan berdasarkan paham yang dianut, usaha mengarahkan masyarakat utuk menreima pandangan tersebut melalui loyalitas dan keterlibatan pengikutnya menggerakkan para kader dan pengikut untuk mendukung pandangan ideologi tersebut.
Ideologi Muhammadiyah mengandung berbagai rumusan yang bersifat tentatif dan berfungsi untuk menjelaskan pandangan Muhammadiyah tentang realitas dunia. Ideologi berfungsi sebagai alat utuk mempertahankan diri dari ancaman atau tantangan yang berasal dari luar.
Iddeologi Muhammadiyah bersumber dari pemikiran pendiri dan tokoh-tokoh generasi awal Muhammadiyah. Pemikiran yang dirumuskan merupakan jawaban realitas, permasalahan dan tantangan yang timbul ketika Muhammadiyah lahir dan tumbuh sebagai sebuah gerakan keagamaan. Gagasan-gagasan KH. Ahmad Dahlan yang terangkum dalam “Falsafah Ajaran dan 17 Kelompok Ayat-ayat Al-qur’an Ajaran KH. Ahmad Dahlan” dan “Pemikiran Mas Mansur tentang Kesimpoelan Djawaban Masalah Lima” merupakan ideologi Muhammadiyah dan sekaligus sumber bagi perumusan ideologi Muhammadiyah generasi selanjutnya.
Ideologi Muhammadiyah dapat dipahami dari rumusan-rumusan dalam Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah, Masalah Lima, Kepribadian Muhammadiyah, Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah dan Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah, Pernyataan Pikiran Muhammadiyah Jelang Satu Abad, Revitalisasi Ideologi Muhammadiyah; Konsolidasi Bidang Keyakinan dan Cita-cita Hidup.

*) dirangkum dari buku Materi Kuliah Pendidikan Kemuhmmadiyahan hal. 37-40

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selamat datang di blog RUMAH BACA, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!!