I. LATAR BELAKANG
STIT Muhamamdiyah Tempurrejo Ngawi terletak di tengah komplek Perguruan Muhamamdiyah Tempurrejo yang telah ada semenjak masa panjajahan Belanda. dalam hal ini, Muhammadiyah sebagai organisasi masa yang bergerak dalam bidang pendidikan dan sosial mengimbangi penjajah Belanda ikut mendirikan sekolah-sekolah disamping juga mendirikan madrasah-madrasah, panti asuhan yatim piatu, rumah sakit dan lain-lain.
Sekolah-sekolah dan madrasah-madrasah yang didirikan Muhammadiyah tersebar diseluruh pe;osok tanah air. begitu juga di Tempurrejo Banyubiru Widodaren Ngawi. Madarsah-madrasah Muhammadiyah yang didirikan di Tempurrejo banyubiru antara lain :
1. pada tahun 1926 berdiri Madrasah Ibtidaiyah Diniyah Muhammadiyah masuk sore hingga sekarang.
2. pada tahun 1951 berdiri Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah yang selanjutnya diganti dengan Pendidikan Guaru Agama Pertama (PGAP) Muhammadiyah empat tahun, kemudian diganti dengan Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tempurrejo masuk pagi.
3.pada tahun 1957 berdiri Madrasah Wajib Belajar (MWB) Muhammadiyah yang selanjutnya diganti dengan nama Sekolah Dasar Islam (SDI) Muhammadiyah kemudian diganti dengan nama Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah hingga sekarang.
4. pada tahun 1961 berdiri Pendidikan Guru Agama Atas (PGAA) 2 tahun sebagai lanjutan dari PGAP 4 tahun kemudian dialih fungsi menjadi Madrasah Aliyah Muhamamdiyah hingga sekarang.
5. pada tahun 1962 berdiri Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah
6. pada tahun 1963 berdiri Taman Kanak-kana Aisyiyah Bustabul Atfhal (TK ABA) hingga sekarang.
Melalui proses perjalanan panjang Madarsah-madrasah tersebut di atas sejak berdiri sampai sekarang telah mengalami perkembangan dan kemajuan karena didukung beberapa faktor :
a. Dengan adanya program pemerintah tentang pemerataan pembangunan pendidikan telah mendorong masyarakat untuk meningkatkan jenjang pendidikan putra-putrinya yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan pembiayaan.
b. Mutu lulusan serta kualitas pendidikan di Madrasah Tempurrejo selalu dijaga, dipertahankan, dan bahkan selalu ditingkatkan
c. Adanya fasilitas pendidikan yang memadai walaupun masih sederhana sehingga dapat menunjang proses kegiatan pendidikan.
d. Tertanamnya semangat yang tidak pernah luntur untuk tetap menjunjung tinggi nilai-nilai perjuangan Islam melalui Muhammadiyah secara ikhlas.
e. Terjadinya hubungan harmonis antara pihak pengelola Perguruan dengan Pemerintah setempat.
Perkembangan pendidikan yang telah diuraikan di atas, merupakan modal dasar berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi. disamping itu juga beberapa faktor yang menunjang berdirinya STIT Muhammadiyah Tempurrejo merupakan kebutuhan yang mendesak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar